Ciri-Ciri dan Fungsi Membran Sel Pada Tumbuhan

Membran Sel Pada Tumbuhan

Membran Sel Pada Tumbuhan – Sel adalah unit fungsional dan struktural dari makhluk hidup yang mempunyai makna sebagai unsur-unsur makhluk hidup dan yang memenuhi semua fungsi kehidupan. Membran sel adalah bagian dari sel yang ditemukan pada tumbuhan atau makhluk hidup lainnya. Membran sel menjadi bagian terpenting dari struktur sel, yang membungkus dan melindungi dirinya sendiri dengan memisahkan materi sel internal dari lingkungan di luar sel.

Membran sel sering disebut sebagai membran plasma. Membran sel pada tumbuhan memainkan peran penting dalam melindungi dan mentransmisikan berbagai molekul yang masuk dan keluar sel. Selain itu, selaput sel juga berperan penting dalam perlindungan berbagai komponen seluler. Fungsi utamanya sebagai penutup pelindung. Organel dalam sel memiliki kondisi mengambang. Sebagai contoh, pada organisme seperti jamur, tumbuhan dan struktur tubuh bakteri, bagian membran sel ini ditutupi oleh bagian yang lebih keras dan sering disebut sebagai dinding sel. Untuk lebih memahami deskripsi membran sel pada tumbuhan, berikut ciri-ciri dan fungsinya di bawah ini.

Membran Sel Pada Tumbuhan

Ciri-Ciri Membran Sel

Untuk memahami membran sel dengan lebih baik, ciri-ciri berikut ini harus diketahui.

  • Membran sel sebagai lapisan penghalang selektif, yang bertindak sebagai partisi antara sel-sel individual dengan kompartemen sel.
  • Membran sel adalah kumpulan molekul karbohidrat, protein dan lipid dalam kombinasi dengan kekuatan non-kovalen. Kombinasi molekul-molekul ini mengatur pengangkutan molekul, mengendalikan berbagai aliran informasi yang terjadi dalam sel, menghasilkan sinyal yang kemudian digunakan untuk mengubah perilaku sel, dan menjadi pemisah bagi molekul yang muatannya menjadi sinyal sel.
  • Memiliki sifat karakter dinamis dan bekerja secara teratur, akan terus membentuk dan mengalami degradasi.
  • Zat lipid yang terkandung dalam membran sel termasuk dalam kategori fosfolipid, yang terdiri dari gliserol, asam lemak, fosfat dan berbagai zat yang berasal dari zat organik hidrofobik.
  • Fungsi protein dalam membran sel dapat ditentukan untuk pompa, pelapis gerbang, reseptor dan molekul adhesi sel.
  • Zat karbohidrat dalam membran sel secara kovalen terikat pada molekul protein dalam bentuk glikoprotein atau dalam bentuk lipid seperti glikolipid.
  • Cairan dalam membran sel mosaik digambarkan sebagai bilayer lipid cair yang memiliki kandungan metabolisme protein yang menyebabkan molekul mengambang.

Baca Juga : jaringan tumbuhan

Fungsi Membran Sel

Tidak hanya memiliki ciri diatas, tetapi ada juga fungsi membran sel yang perlu diketahui.

  • Fungsi utama membran sel adalah menutup atau melindungi sel.
  • Mengamankan bagian dari sitoskeleton yang terdiri dari protein dan terletak di sitoplasma.
  • Untuk melayani sel dalam melampirkan matriks sel ekstraseluler.

Fungsi utama membran sel sebagai lalu lintas dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu transportasi pasif dan transportasi aktif.

  • Transport aktif adalah lalu lintas yang arah pergerakannya berlawanan dengan gradien konsentrasi. Molekul bergerak dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi.
  • Transport pasif, atau yang biasa disebut gerakan spontan, adalah difusi dan osmosis. Difusi adalah pergerakan molekul yang berasal dari konsentrasi tinggi (hipertonik) dan mengarah ke konsentrasi rendah (hipotonik). Kemudian osmosis adalah pergerakan pelarut melalui membran selektif dengan arah konsentrasi zat pelarut lainnya

Sumber Terkait : rumus.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *