Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam Lengkap

Bisakah Anda memberikan contoh teks eksplanasi bencana alam? Dalam bahasa Indonesia, subjek teks penjelasan adalah materi wajib yang harus dikuasai oleh setiap siswa. Teks ini bertujuan untuk menjelaskan apa, mengapa dan mengapa suatu fenomena terjadi. Ada banyak peristiwa atau fenomena yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari fenomena sosial hingga fenomena alam, seperti bencana alam.

Dalam menjelaskan terjadinya suatu fenomena, teks penjelasan membagi teks menjadi 3 bagian, yaitu pernyataan umum, sebab dan akibat dan interpretasi. Masing-masing bagian ini berisi pernyataan dan fungsi yang berbeda dalam menjelaskan suatu teks.

Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan contoh teks eksplanasi tentang bencana alam. Subjek bencana alam sangat sering digunakan sebagai bahan untuk produksi teks penjelasan. Saya berharap bahwa setelah membaca deskripsi ini, pengetahuan teks penjelasan pembaca akan meningkat. berikut ini contohnya :

Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam Lengkap

Berikut ini kami akan memberikan contoh teks eksplanasi tentang bencan alam seperti tanah longsor dan gempa bumi :

Contoh eksplorasi tekstual dari bencana tanah longsor alami

Pernyataan umum
Tanah longsor adalah fenomena alam yang disebabkan oleh pergerakan tanah atau oleh massa batuan. Secara umum, tanah longsor disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor pendorong dan pemicu. Faktor pendorong adalah faktor yang mempengaruhi kondisi material itu sendiri, sedangkan pemicunya adalah faktor yang membuat material bergerak.
Penyebab dan efek (konten)
Acara ini sangat umum di Indonesia. Sebagian besar disebabkan oleh gempa bumi yang menggerakkan lempeng bawah tanah. Akibatnya, unsur-unsur lapisan tanah atau pelat dipindahkan, menyebabkan fragmen dan tanah longsor. Faktor alam lain yang berpotensi menyebabkan longsor adalah curah hujan yang tinggi di daerah yang rawan longsor.

Setelah proses penguapan, pori-pori atau rongga tanah akan muncul, dalam bentuk retakan pada permukaan. Ketika hujan, air akan meresap ke dalam retakan, akan masuk sampai terakumulasi di dasar lereng, sehingga akan menyebabkan pergerakan lateral dan karena itu akan terjadi tanah longsor. Untuk mencegah tanah longsor menggunakan pohon, karena akar pohon akan banyak membantu dengan menyerap air hujan sehingga dapat diminimalisir.

Interpretasi (penutup)
Setelah bencana tanah longsor, itu akan menyebabkan kerugian besar. Situasi terburuk adalah hilangnya nyawa. Selain itu, karena tanah longsor, kerugian material terjadi seperti hilangnya rumah, tanah, dan properti. Sangat sulit untuk menyelamatkan diri dari bencana tanah longsor, karena tanah longsor yang kecepatannya diperkirakan mencapai 100 km / jam. Tidak mungkin bagi manusia untuk melarikan diri untuk menyelamatkan diri.

Terlebih lagi, setelah kejadian itu, banyak orang yang selamat akan menderita trauma mendalam. Sebagai langkah untuk menyelamatkan diri, jika Anda mendengar raungan keras di dekat Anda, segera jalankan ke tempat atau tanah yang stabil.

Contoh teks eksplanasi tentang gempa bumi

Pernyataan umum (pembukaan)
Gempa yang melanda Lombok pada tahun 2018 adalah peristiwa yang sangat mengerikan bagi masyarakat Indonesia. Gempa bumi terjadi pada 29 Juli 2018 dengan kekuatan 6,4. Gempa tersebut merupakan awal dari rangkaian gempa susulan di Lombok tahun 2018.

Gempa bumi memiliki kekuatan yang dapat menyebabkan gelombang besar dari laut, yang disebut tsunami. Salah satu ciri gempa yang dapat menyebabkan tsunami adalah episentrum (episentrum) yang terletak di bawah laut. Sementara itu, pusat gempa kemarin ada di tanah.

Sebab akibat (konten)
Dwikorita Karnawati, kepala Pusat BMKG, menjelaskan bahwa sumber gempa Lombok tidak pada satu titik, tetapi daerah patahan lempeng tektonik yang meluas ke dasar laut, dekat pantai di Lombok Utara. Karena itu, gempa berpotensi memicu tsunami.

Dia juga menjelaskan bahwa setelah BMKG mengeluarkan peringatan dini tsunami, beberapa tsunami terjadi di beberapa titik. Secara mekanis, gempa yang dipicu dipicu oleh sesar ke atas di utara Lombok.

Berdasarkan tanda-tanda ini, Dwikorita menambahkan, BMKG meluncurkan peringatan awal di Desa Sheet 9 cm, Desa Badas 10 cm, Desa Carik setinggi 13,5 cm dan Benoa (19,58 WIB) 2 cm. Jadi peringatan dini berakhir pukul 8.25 malam di malam yang sama.

Dwikorita melanjutkan, selain banyak tsunami kecil, bahwa gempa bumi 7 hari pada skala Richter tadi malam juga menyebabkan banyak gempa susulan. Berdasarkan pengamatan BMKG hingga pukul 15.00 WIB, masyarakat merasa ada 13 gempa susulan dari total 170 gempa susulan yang dicatat oleh BMKG.

Menurut Dwikorita, gempa susulan adalah cara alami bekerja untuk menghabiskan sisa energi gempa sebelum batu atau lempeng bumi kembali ke kondisi stabil. Berdasarkan pemantauan BMKG hingga pukul 17.00 WIB, ada 176 gempa susulan.

Interpretasi (penutup)
Posisi Indonesia, yang terletak di jalur cincin api Pasifik, sudah sepantasnya masyarakat harus selalu waspada dan memperhatikan ancaman bencana alam. Karena itu, bencana bisa tiba tanpa diduga.

Pemerintah telah berusaha mengidentifikasi bencana alam pertama dengan meningkatkan kualitas register bencana, baik sistem maupun teknologi yang mendukungnya, untuk mengurangi korban bencana alam.

Demikian pembahasan tentang teks eksplanasi bencan alam, semoga bermanfaat bagi para pembaca . Buka juga artiket https://rumusrumus.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *