Contoh Teks Editorial Lenkap Strukturnya

Contoh teks editorial – Teks editorial (opini) adalah artikel yang mewakili opini surat kabar tentang masalah tertentu. Pendapat yang diungkapkan adalah suara terbanyak dari staf editorial, yaitu pemimpin dan editor surat kabar.

Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak contoh teks editorial, karena surat kabar tidak lagi menjadi objek langka. Apalagi dengan perkembangan teknologi internet seperti sekarang ini. Yang sedang berkata, contoh teks editorial seperti seorang pengacara mengembangkan argumen untuk mempengaruhi pikiran pembaca.

Karena itu bertujuan untuk mempengaruhi opini publik, menyebarkan pemahaman, dan kadang-kadang bahkan dapat mendorong orang ke masalah tertentu. Dengan kata lain, teks editorial ini adalah berita yang memiliki opini tentang opini tertentu.

Tujuan dari teks editorial
Tujuan dari teks editorial adalah untuk mengundang pembaca untuk berpikir tentang tema-tema yang saat ini sedang hangat di masyarakat. Selain memberikan pandangan pembaca tentang masalah pengembangan. Keberadaan teks editorial telah membantu membentuk masyarakat dan pemikir kritis.

Jenis dan contoh teks editorial
Ada berbagai jenis teks editorial yang berbeda sesuai dengan niat penulis dalam menulis artikel. Ada empat jenis contoh teks editorial yang diketahui, antara lain :

Contoh opini / teks editorial tentang ekonomi

Kemiskinan dan ketimpangan
Kemiskinan dan ketidaksetaraan adalah sekutu keluarga di negara ini. Sejak zaman kuno, di mana Indonesia bebas, kemiskinan adalah ancaman paling berbahaya selain perang, tentu saja. Ketimpangan akhirnya lahir dari kemiskinan, perbedaan yang sangat jelas antara kaya dan miskin.

Di era baru atau modern, kemiskinan masih tetap menjadi hal yang menakutkan. Alih-alih tingkat kemiskinan yang berkurang pada masa pemerintahan Jokowi, pada kenyataannya daya beli masyarakat melemah. Ini tidak dianggap berbanding lurus.

Pemerintah harus dapat membedakan dari mana akar penyebab kemiskinan berasal, jika ada kurangnya lapangan kerja atau mungkin sebagian besar orang Indonesia malas.

Tak pelak masalah kemiskinan dan ketimpangan harus diselesaikan dengan serius, karena semua orang yang tinggal di negara ini memiliki kesempatan untuk hidup bahagia.

Contoh teks editorial tentang lingkungan

Pembuangan limbah
Kebiasaan membuang sampah tidak pada tempatnya telah menjadi kebiasaan sebagian besar orang Indonesia, meskipun hal ini sudah mengakar pada sebagian orang sejak kecil. Tidak, sejak kecil, anak-anak telah melihat apa yang orang tua mereka lakukan.

Jadi yang mengkhawatirkan, kebiasaan mengotori seolah-olah itu bukan kesalahan, bahkan jika itu bisa menyebabkan dan membahayakan lingkungan.

Kebiasaan ini tidak hanya dipraktikkan oleh orang miskin, bahkan orang kaya dan terpelajar dapat melakukannya tanpa berbuat dosa. Misalnya, mungkin kami menemukan seseorang yang membuang sampah dari kaca depan.

Secara logis orang-orang ini adalah orang-orang dengan ekonomi dan pendidikan tinggi, tetapi mengapa? Kembali ke kesadaran diri akan melindungi lingkungan dan dampak yang akan terjadi jika terus dilakukan.

Pemerintah harus menjadi pihak utama yang berperan aktif dalam pendidikan publik. Karena jika masalah ini dibiarkan, sangat mungkin bahwa lingkungan akan bertambah buruk.

Contoh teks editorial tentang bencana alam

Gudul Forest, bencana dimulai
Sejumlah dampak disebabkan oleh deforestasi, bersama dengan masalah seperti tanah longsor, banjir, berkurangnya pasokan air bersih dan lainnya.

Hutan-hutan yang seharusnya menjadi paru-paru bumi, kelelahan oleh tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang tahu apa yang ada dalam pikiran mereka, tidak lagi memikirkan anak-anak dan cucu-cucu mereka di kemudian hari.

Pemerintah yang seharusnya hadir di tengah-tengah masalah yang muncul, lenyap seolah telah ditelan bumi. Beberapa kelompok atau perusahaan juga bekerja sama dengan pejabat pemerintah untuk membuka lahan.

Namun, jika masalah ini terus diabaikan, tidak hanya akan ada bencana berkelanjutan, tetapi beberapa hewan akan berada dalam bahaya.

Harus ada solusi dari pemerintah agar hutan yang ada tidak rusak dan berfungsi dengan baik. Karena setelah kita tidak ada akan ada generasi baru yang terus hidup.

Sumber : materibelajar.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *