Mengenal Beberapa Alat Medis Di Ruang Operasi Rumah Sakit

Dalam menjalankan fungsinya, rumah sakit memiliki beberapa ruangan khusus yang juga digunakan untuk kepentingan khusus salah satunya yaitu ruang operasi. Ruang operasi atau sering disebut juga dengan ruang tindakan adalah ruangan yang digunakan untuk tindakan operasi atau pembedahan baik minor ataupun mayor (bersifat besar). Dalam hal ini masing – masing rumah sakit, memiliki kemampuan dan kebijakan sendiri untuk menentukan kesanggupannya.

Alat – Alat Medis Dalam Ruang Operasi

alat medis di ruang operasi

Untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik, ruangan ini dibekali dengan peralatan medis secara umum dan juga secara khusus yang hanya digunakan untuk keperluan tindakan operasi. Berikut ini diantaranya :

1# – Meja Operasi

Operating Table atau meja operasi pada dasarnya sama dengan meja periksa. Yaitu ranjang yang digunakan untuk meletakkan pasien pada saat dilakukan operasi. Namun meja ini memiliki spesifikasi dan kemampuan khusus. Meja ini bisa dinaikan dan diturunkan ketinggiannya, bisa dimiringkan, bisa diatur naik turunnya bagian kepala dan kaki. Meja ini juga memiliki beberapa jenis, meja operasi manual dan meja operasi elektrik.

2# – Lampu Operasi

Tepat diatas meja operasi terdapat lampu operasi. Fungsi lampu ini digunakan untuk penerangan pada saat tim dokter sedang melakukan operasi terhadap pasien. Namun demikian, lampu yang digunakan untuk lampu operasi tidak sama dengan lampu yang kita gunakan untuk penerangan rumah kita. Lampu operasi rumah sakit jauh lebih terang dan dirancang dengan mekanisme tertentu sehingga mudah digunakan oleh dokter yang akan melakukan operasi.

3# – Mesin Anestesi

Mungkin mesin ini sangat kompleks apabila kita pelajari secara detail fungsinya. Namun pada intinya, alat ini merupakan gabungan dari berbagai macam alat – alat yang berfungsi untuk menghilangkan kesadaran pasien secara berkesinambungan hingga proses operasi selesai dilakukan. Bila kita kaji sedikit, diantara fungsi mesin ini yaitu menyalurkan gas secara inhalasi kepada pasien. Mesin ini digunakan untuk proses operasi yang cukup besar.

Apakah hanya itu alat – alat medis yang ada di ruang operasi ? Tentu saja tidak. Masih ada banyak sekali alat lain yang juga ada di dalam ruangan ini seperti monitor pasien, ventilator, dan lain sebagainya. Mudah – mudahan ulasan singkat ini bermanfaat untuk pembaca. Sekian dan selamat beraktifitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *